I S T R I I D A M A N

Ciputat, 06 Maret 2015

Selamat Hari Perempuan Internasional!

***

I S T R I I D A M A N.

Kadang saya ngerasa ngga adil sama keberadaan istilah “istri idaman”. Terutama sih ya karena saya masuk golongan yang jauh nya bagaikan langit dan bumi sama istilah “istri idaman” dalam pandangan umum masyarakat kita. Eh, maksudnya, masyarakat di sekitar saya. Eh, lebih tepatnya lagi di sekitar lingkungan kerja saya, yang justru menurut saya malah menggambarkan dengan jelas pandangan masyarakat pinggiran kota yang sesungguhnya. Di sekitar lingkungan kerja saya ini hampir semua menganggap perempuan dengan penampilan agamais,  jago dandan, jago masak, dan jago ngurus anak sebagai sosok “istri idaman”. Ngga ada tuh pemikiran bahwa ibu adalah guru pertama bagi seorang anak, yang menurut saya, sewajarnya memiliki “ilmu” lebih dari sekadar dandan, masak, dan ganti popok yang dapat dikuasai dengan mudah oleh seorang “bibik”. Apalagi dengan kemajuan ilmu pengetahuan yang makin cepat (lihat aja si Pluto yang kini sudah ditendang keluar dari jajaran planet di sistem tata surya kita). Bukan saya mau membela diri yang uhuk-ngga-laku-uhuk tapi coba kalo dipikir lagi tentang kebiasaan bertanya yang wajar bagi seorang anak. Ketika si anak nanya ini, nanya itu, dan si ibu (mohon maaf loh nih) cuma tahu soal tren dandanan masa kini, atau menu masak, atau cara mandiin anak, nanti si anak dapat jawaban dari mana dong? Bagus kalo anaknya punya tekad belajar yang kuat alias jika-mamah-ngga-bisa-jawab-maka-aku-cari-di-buku-atau-internet, lah kalo anaknya tipe yang ya-sudahlah-mamah-aja-ngga-tahu-apalagi-aku? Kalo begitu, gimana dong? Habis sudah masa depan umat manusia! Lebay. Oke. Maaf.

Selain sederetan jago anu anu itu, ada juga yang merambah ke fisik. Misalnya, kalo pinggulnya kecil nanti susah punya anak, atau kalo dadanya rata nanti nyusuin susah. Dengan tubuh supermini macam saya (ditambah minus jago anu anu), berarti saya, dan makhluk yang sejenis saya, sukses terlempar jauh dari jajaran perempuan yang pantas dinikahi dong? Udah punya anak susah, kalo pun punya nyusuin nya susah dan ngga jago ngurusnya juga, ditambah ngga jago dandan dan ngga jago masak pula. Berarti wajar dong kalo yang kayak saya ngga punya pikiran muluk-muluk buat menikah? Bisa punya pacar pun udah syukur dong? Eh tapi katanya menikah itu penting dalam agama loh! Nah loh. Jadi saya harus gimana dong? Katanya laki-laki maunya memperistri perempuan yang jago anu anu, berpinggul besar, dan berdada besar? Urusan jago jago masih bisa saya pelajari, lah kalo masalah fisik? Haruskah saya operasi? Aduh…

Hidup di lingkungan kerja seperti itu, kadang saya jadi berpikir untuk mengurangi mampir ke toko buku, mengurangi beli perkakas untuk hobi corat-coret saya, atau mungkin mengurangi belajar hal lain di luar masak, ngurus anak atau mempercantik diri. Yah, supaya paling tidak saya bisa nyempil sedikit di daftar “istri idaman”, ditulis di paling bawah pun ngga apa apa. Hiks…. Lebay. Oke. Maaf. Tapi kembali lagi, itu cuma “kadang”. Soalnya saya selalu berpikir:

  1.  Cantik itu gampang. Semua orang bisa. Biarpun ngga niat, misalnya saya, kalo dikasih modal untuk ke klinik kecantikan, pasti saya bisa jadi cantik. Tapi, ilmu, menurut saya, kalo ngga niat ya biarpun sudah dikasih modal sampe bangkrut, kalo orangnya ngga niat buat nyari ilmu ya hasilnya akan sia-sia.
  2. Masak dan ngurus anak juga sama. Bisa dipelajari semua orang. Nenek saya yang ngga pernah sekolah pun jago masak dan ngurus anak. Bahkan gara-gara kepepet pun saya sering masak sendiri atau ngasuh keponakan yang tiba-tiba dititipkan.


Jadi, begitulah. “Istri idaman” versi masyarakat pinggiran perkotaan di lingkungan kerja saya (atau mungkin di tempat anda juga sama?). Sedih juga karena di mata masyarakat seperti itu, perempuan yang mengais ilmu sebanyak – banyaknya dengan niat: “jika saya nanti punya anak, saya akan menjadi guru terbaik baginya”, ternyata tak memiliki nilai lebih sama sekali sebagai seorang “istri idaman”.

Kalo anda, istri idaman versi anda kira-kira yang bagaimana hayo?

Comments

Popular posts from this blog

Bro, Sis, Keluarga Kecilmu Bukan Trophy Kemenangan Loh...

Monsters University: Kisah Di Balik Sukses Mike dan Sulley di Monsters Inc.

Perempuan-perempuan Patriarki