Monsters University: Kisah Di Balik Sukses Mike dan Sulley di Monsters Inc.


Haloo.. setelah sekian lama ngga sempet cerita apa-apa, sekarang saya sempetin cerita tentang film animasi yang recommended banget buat ditonton sesegera mungkin: Monster University. Well, sebagai seorang pecinta animasi, apalagi yang berbau komedi, saya girang setengah mati begitu film prekuel dari Monster Inc itu akhirnya tayang di bioskop Indonesia. Jadi meskipun jam kerja padat, saya sempet sempetin buat nonton film satu itu.

Mulanya saya pikir dengan adanya segala modus penuaan dini di kalangan bocah bocah masa kini (seperti boyband berlabel ‘junior’ yang isi lagunya malah cinta-cintaan.. aduh..), film animasi sudah tak lagi mendapat tempat di Indonesia (layaknya lagu anak Indonesia yang entah pada ke mana itu looh..), tapi ternyata satu studio penuh! Isinya anak anak semua, teman teman sebaya saya gitu lah.. *kemudian semua muntah* Yah pokoknya, setelah selesai nonton, saya paham kenapa satu studio penuh sesak begitu.. Here we go! (PERINGATAN: tulisan mungkin mengandung SPOILER!)

Film dibuka dengan cerita jaman TK nya si Wazowski, monster bulat hijau bermata satu yang ngga ada serem seremnya itu loh.. Ceritanya dia lagi study tour ke Monster Inc, dan di situ terjadi sesuatu hal yang kemudian membuat dia merasa betul betul yakin bahwa dia harus sekolah di Monster University untuk bisa menjadi seorang Scarer (tukang nakut-nakutin anak yang masuk lewat pintu itu..) yang hebat. Setelah belajar dengan giat akhirnya dia betul betul lolos masuk ke Monster University (menurut saya sih, Monster University itu macam Harvard, Oxford, atau kalo di sini UI gitu lah ya.. kampus favorit gitu). Nah, di kampus itu lah dia ketemu sama si Randall dan Sullivan yang beda banget sama di cerita Monster Inc, beda seratus delapan puluh derajat! (bahkan saya langsung nyengir begitu nulis kalimat ini! XD). Kemudian, karena terjadi masalah antara Wazowski dan Dekan kampus, akhirnya tercetus lah sebuah taruhan di antara keduanya: Wazowski harus memenangkan sebuah kompetisi Scarer tahunan kampus. Jika Wazowski kalah, maka dia harus keluar dari Monster University selamanya! Saya ngga akan spoiler banyak di bagian itu karena menurut saya sih lebih asyik kalo ditonton sendiri hahaha.. Pokoknya menurut saya tema ceritanya kuat banget. Ada unsur persahabatan, ada unsur perjuangan from-zero-to-hero, dan inti dari semuanya, menurut saya: kalau kita mau berusaha dengan amat sungguh sungguh melebihi apa yang orang lain lakukan maka kita pasti bisa ‘sukses’ meskipun dengan ‘jalur’ yang berbeda. Yah, kalau saya boleh bilang sih ya.. konsep cerita ini jadi mirip-mirip kisah hidup Bill Gates yang ngga sampai lulus kuliah di Harvard tapi akhirnya bisa memiliki perusahaan sebesar Microsoft.. haha.

Tapi, meskipun alur ceritanya memang cukup ‘serius’ (dalam tanda kutip), Monster University tetap menyuguhkan sisipan sisipan komedi yang ngga akan bikin penontonnya berhenti ketawa di sepanjang film. Duduk hampir dua jam di dalam bioskop ngga bakal terasa sama sekali, karena kamu sibuk ngakak! (tapi mungkin terasa beda untuk orang yang miskin rasa humor :p) Apalagi banyak cuplikan pra-cerita dari film sebelumnya (terdengar koor: ‘namanya juga prekuel! Gimana sih luu!’). Jadi lucu aja. Kalo udah nonton yang pertama tuh kayak: “Oh jadi begitu!” atau “AH! Itu si Anu!”. Untuk soal kualitas animasi, yaahh.. you know lah Disney pixar.. mulus keren dan memanjakan mata.. (lebay)


Terakhir dari saya: pokoknya kalo kamu doyan nonton animasi, doyan humor, ditambah pernah nonton Monster Inc, film Monster University ini betul betul sayang banget buat dilewatkan! Jadi, buruan ke bioskop mumpung filmnya belum turun layar! :))

Comments

Popular posts from this blog

Bro, Sis, Keluarga Kecilmu Bukan Trophy Kemenangan Loh...

Perempuan-perempuan Patriarki