Bermotor Di Malam Hari Seorang Diri dan Tiba-tiba..... BAU BUNGA KAMBOJA!!

Ciputat, 19 Oktober 2014

Kemacetan ibukota yang sudah keterlaluan memang sering menjadi alasan utama seseorang yang memiliki mobilitas tinggi memilih bepergian dengan kendaraan roda dua: motor. Saya salah satunya. Semenjak memutuskan untuk melanjutkan kuliah, saya memutuskan beralih dari seorang angkoters menjadi seorang bikers. Alasan utamanya sih lebih karena saya kuliah sambil sekaligus kerja, jadi demi mengejar waktu karena rute tempat kerja dan kampus saya tergolong kawasan rutin macet (Ciputat - Kebayoran Baru), maka saya pilih naik motor saja. simpel cuma supaya bisa nyelip sana-sini.

Tapi, sejujurnya saya sendiri tergolong orang yang baru-banget-bisa mengendarai motor. Jadi yah kalo boleh jujur banget sih ya... takut juga bawa motor di antara bus, metromini, dan truk. Sebagai pekerja di rumah sakit yang sering terima pasien kecelakaan lalu lintas, otomatis saya jadi was-was kalo di jalan. Karena ngeri, akhirnya saya minta ditunjukkan teman lewat jalan pintas komplek pemukiman Pondok Indah.

Ada dua rute jalan pintas yang ditunjukkan oleh teman saya, jalan pintas pertama masuk lewat sebelah bekas pom bensin Pondok Indah dan ngga terlalu sepi tapi seenggaknya bebas dari bus, metromini, dan truk jadi saya merasa cukup aman. Dari jalan pintas pertama ini, saya bisa saja keluar di bundaran Pondok Indah kalau mau, tapi teman saya menunjukkan jalan terusan dengan palang portal yang bisa lanjut sampai keluar di belakang RS Pondok Indah. Nah, jalan pintas terusan yang ini jauh lebih sepi dibanding jalan sebelumnya karena berportal. Tapi, karena palang portal ditutup jam sepuluh malam, jadi saya putuskan untuk selalu lewat situ kalo saya pulang sebelum jam sepuluh malam. Rute terusan itu memang jarang dilalui orang karena kebanyakan cuma tahu sampai ke bundaran Pondok Indah. Jadilah saya sering lewat jalan sepi itu seorang diri.

Setiap lewat jalan pintas terusan itu sebetulnya saya agak iseng juga. Iseng dalam artian takut karena jalanan itu jalan komplek yang sepi (karena udah malam juga sih) dengan penerangan sebatas lampu-lampu rumah aja yang ngga terlalu terang, ditambah banyak pohon termasuk pohon pisang (yang kayaknya cukup akrab dengan film horror bertema hantu lontong putih), dan tak lupa ada satu taman juga yang tanpa lampu sama sekali. Jumat malam kemarin, keisengan saya berada di titik puncaknya. Ngga tahu kenapa saya merinding aja begitu lewat situ. Ngga seperti hari-hari biasanya, rasanya saya pengen cepet aja ngebut sampai keluar ke jalan raya lagi. Tapi kan itu komplek jadi saya ngga berani ngebut karena banyak mobil pemilik rumah diparkir di pinggir jalan ditambah cukup gelap jadi was-was kalo tiba-tiba ada yang nyebrang (malam-malam sih agak ngga mungkin tapi antisipasi kan ngga salah dong? hehe). Dalam ketakutan dan jantung yang berdebar lebih cepat itu tiba-tiba saya mengendus bau bunga! BAU BUNGA KAMBOJA!! meeeenn...kebayang dong rasanya jadi saya? lagi ketakutan lewat jalan komplek kosong melompong sepi gelap, tiba-tiba malah ngendus bau bunga! saya langsung gas motor saya lebih cepat sambil baca doa. Mendadak di kepala muncul ingatan-ingatan cerita horror banyak teman yang bermotor sendirian di malam hari. Bahkan saking ketakutannya saya sampai lirik lirik ke spion takut ada yang betulan ngintil atau mbonceng di motor saya. Sepanjang jalan sisanya, saya ngga berhenti berdoa karena takut ada wujud tak diinginkin yang ikut pulang ke rumah! Hiiiii!!!

Besok harinya, saya pulang sebelum maghrib. Saya lewat rute yang sama dengan masih adanya sisa matahari yang menyinari jalan (halah!). Ketika saya melewati TKP bau bunga malam sebelumnya, rasanya saya langsung tertimpa batu besar bertuliskan "TOLOL" dari langit. Ya. Tolol banget. Berminggu-minggu lewat rute itu saya ngga pernah ngeh kalo di situ ternyata ada rumah yang memelihara pohon bunga Kamboja! Jadi rupanya bau bunga yang saya endus malam sebelumnya ya memang berasal dari pohon Kamboja betulan....

oke. baiklah.

nasehat yang bisa dipetik dari kisah saya ini adalah:

"Jika anda bermotor seorang diri di malam hari, maka jangan lewat jalan yang ada pohon bunga Kamboja nya kalau anda tak mau terlihat tolol."

sekian dan terima kasih.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bro, Sis, Keluarga Kecilmu Bukan Trophy Kemenangan Loh...

Monsters University: Kisah Di Balik Sukses Mike dan Sulley di Monsters Inc.

Perempuan-perempuan Patriarki