Mukanya Mana, Sist?

Jombang, 17 Februari 2018

Hai. Hai. Hai.
Gila ya pas ngelihat tanggal postingan terakhir tuh kayak: “where have you been, Manusia Abu-abu?”
Well, sok sibuk sama kehidupan IRL (In Real Life) sih kayaknya. Harap maklum hehe. Sebetulnya banyak yang mau saya bahas, tapi malas juga bahas yang berat berat di suasana long weekend kayak gini. Kartu kuning: skip. Perceraian Bapak Sipit: skip. Pilkada: skip. Pernikahan cincin 200 juta nyemplung di ancol: demi apapun ini menarik banget sebetulnya tapi apa ada saya ngga kuwat nulisnya, saya rasa kemampuan saya menguntai kata demi kata sulit menyaingi Om satu itu jadi dengan berat hati bahasan ini saya skip juga… hashtagHalah hashtagSakarepmu.

Okay. Jadi hari ini saya mau bahas tentang foto aja. Sudah beberapa bulan belakangan ini, saya memang tak lagi memajang foto wajah di sosial media manapun (selain facebook sama path yang isinya orang orang kenal banget dan private banget). Bahkan di Instagram yang basisnya album foto doang, tidak ada lagi wajah saya mejeng di sana. Banyak teman yang lantas ngulik: “kok ngga ada mukanya sih?” karena malas jelasin A-Z, saya biasanya nyahut: “muka gue ngga enak dilihat. Lebih cocok buat nakut-nakutin kecoa.” Yah paling setelah itu makin dihujat dan diledekin aja sih. Nasib ya nasib. Hiks.

Nah, jadi, sebetulnya, kenapa sih saya memilih untuk tidak lagi pajang foto wajah di sana sini? Yak selain emang mukanya nda photogenic juga sih yaaaa but yaaa… here’s the main reason, guys:

Saya menghindari penyalahgunaan foto wajah saya oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Tampang saya boleh lah pas-pasan, bodi juga ngga semok semlehoy malah cenderung rata dan kurang gizi, tapi who knows kan? I’m sorry to say this tapi kita ngga pernah tahu kalo di luar sana, misalnya, ada laki-laki atau perempuan atau siapapun itu yang mungkin merasa terangsang melihat foto kita kan? Lalu foto kita dijadikan bahan (amit-amit) MASTURBASI. Ewwh. Jijik ngga tuh? Soalnya beneran ada loh orang-orang sialan macam itu yang pakai foto buat masturbasi. Tambahannya, jangan pikir foto berkerudung bisa bebas dari hal hina kayak gitu. Ngga ngaruh, Sist. Percayalah. Ada loh orang-orang yang fettish sama perempuan berkerudung. Jadi memang lebih suka lihat perempuan berkerudung, cuma ya tetep mecum juga.

Pikiran seperti ini muncul pertama kalinya ketika saya ngga sengaja menemukan foto saya dengan mini-dress di salah satu henfon teman laki-laki saya sendiri. Fotonya tuh kayak udah super baheula banget (sisa sisa foto ledekan karena akhirnya saya yang super tomboy memutuskan pakai mini-dress) tapi masih ada aja gitu di gallery henfonnya like… kok bisa sih? Saya bukannya nuduh atau apa sih ya cuma anaknya juga jadi kikuk gitu begitu ketahuan. Waktu itu sebetulnya saya pengin langsung nyuruh dia hapus tapi agak ngga enak gitu karena suasana udah terlanjur jadi awkward. Super awkward, if I may add.

Yah, jadi begitulah. Alasan utama saya ngga mau pajang foto di mana mana. Alasan sampingannya sih ya tetep: “saya ngga photogenic euy, lebih cocok buat nakut-nakutin kecoa di dapur.”

Semoga setelah baca ini, kakak-adik-saudara-teman sekalian mulai menyadari segitu ngerinya orang-orang yang mengakses internet di dunia ini. Semoga kakak-adik-saudara-teman suatu hari akan mulai menyadari foto-foto selfie dan ootd cantik nan menarik dengan caption super bijak atau bahkan ayat Qur’an atau kitab lainnya bisa, bahkan sangat bisa, berubah menjadi hal menjijikan di tangan orang yang salah.

Sekian tulisan saya hari ini, semoga Manusia Abu Abu ngga sok sibuk IRL lagi yah supaya bisa sering-sering meracuni pikiran-pikiran pembaca dunia maya. Aamiin. Hahaha.


Salam peace, lope, and geol! *geooll*

Comments

Popular posts from this blog

Bro, Sis, Keluarga Kecilmu Bukan Trophy Kemenangan Loh...

Monsters University: Kisah Di Balik Sukses Mike dan Sulley di Monsters Inc.

Perempuan-perempuan Patriarki